Berfikir Kritis (Critical Thinking)

Minggu, 24 Februari 2013 0 comments

Berfikir Kritis (Critical Thinking)| Konsep Pengembangan Sains dan Teknologi
Pernahkah Anda ditanya oleh seseorang, "Bagaimana pendapatmu tentang negara Indonesia?". Dari pertanyaan tersebut kita dihadapi oleh dua kenyataan tentang jawaban kita tersebut berupa alasannya, yakni kita akan menjawab bagus atau tidak

Dari jawaban tersebut tentu kita mempunyai argumen yang logis mengapa kita memaparkan jawaban tersebut, darisanalah kita akan mulai berfikir secara kritis tentang pemaparan kita.



Apa itu berfikir Kritis?
Beberapa pendapat ilmuan tentang defenisi berfikir kritis :
Berpikir kritis adalah pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau dilakukan (Norris and Ennis, 1989).
Berpikir kritis adalah mode berpikir – mengenai hal, substansi atau masalah apa saja – di mana si pemikir meningkatkan kualitas pemikirannya dengan menangani secara terampil struktur-struktur yang melekat dalam pemikiran dan menerapkan standar-standar intelektual padanya (Paul, Fisher and Nisich, 1993, hlm. 4).
Berfikir Kritis (Critical Thinking) adalah panduan yang sangat dibutuhkan untuk analisis dan argumentasi pengenalan yang jelas untuk berpikir jernih dan rasional untuk mencapai tujuan tertentu pada diri sendiri. [Tracy B & Gary Kemp : Critical Thinking 3rd Edition]
Sedangkan berdasarkan kesimpulan saya sendiri, berfikir kritis merupakan suatu metode yang dilakukan seseorang dalam menyampaikan suatu argumen yang rasional dan logis yang didasarkan pada fakta untuk mendukung maupun menyanggah suatu argumen/pendapat yang sudah ada (problem/masalah).

Apa manfaat belajar Berfikir Kritis?
Apa saja manfaat yand didapat jika kita berfikir kritis? berikut adalah manfaat yang kita dapat :
  1. Memahami argumentasi-argumentasi dari suatu masalah.
  2. Mengevaluasi dan menilai argumentasi dan keyakinan tersebut secara kritis.
  3. Membangun dan mempertahankan argument-argumen Anda yang sudah Anda bangun secara meyakinkan.
  4. Meningkatkan daya fikir, logika, serta pemahaman Anda tentang suatu permasalahan.
  5. Anda dapat melihat segala sesuatu dari banyak perspektif sehingga Anda dapat belajar dari hal tersebut dan mengambil kesimpulan secara nyata.
  6. Terhindar dari berbagai kesalahan, seperti membuang waktu, uang, dan melibatkan emosi dalam kepercayaan atau ajaran atau dogma atau ideologi yang salah dan menyesatkan.

Masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dari berfikir kritis baik itu yang didapat dari lingkungan sekolah, kuliah, dan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Share this article :
Description: Berfikir Kritis (Critical Thinking)
Rating: 3.5
Reviewer: Muhammad Mufid Luthfi
ItemReviewed: Berfikir Kritis (Critical Thinking)

Related Post:


Your Comments :

 
Copyright © 2013. MMufidLuthfi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger